Pekan Asi Bersama Anmum

7:14 PM cruisin with charissa 3 Comments



  Seandainya bisa membalikan waktu ke waktu sebelum Kinanti lahir, saya mungkin akan meminta waktu untuk lebih banyak untuk belajar tentang menyusui. Jujur, sewaktu hamil saya tidak terlalu pusing sama yang namanya urusan menyusui. Saya lebih banyak konsentrasi belajar tentang bagaimana proses melahirkan, memandikan bayi, siap-siap barang-barang newborn, senam hamil sampai full konsentrasi tentang kesehatan janin. Tapi, ternyata..tantangan yang lebih bikin sangat emosional adalah perjalanan tentang menyusui.

  Sewaktu teman-teman dan keluarga datang menjenguk saya setelah lahiran, mereka bilang “The real reality life soal punya bayi, baru akan dimulai setelah pulang dari rumah sakit”. Ya iya, emang bener banget! Gak ada bantuan suster dan tentunya say goodbye to sleep and me time. Hahhaha. Terdengar horror banget? Bukan horror banget sih, tapi tepatnya drama! Jadi, berhubung saya melahirkan secara caesar, memang proses penyembuhannya yang take times. Belajar jalan, belajar duduk, belajar mandi, dan ditambah harus belajar menyusui ketika badan saya sendiri masih loyo banget. Awalnya saya masih santai ketika proses IMD, ada salah satu suster yang bilang “bu..nipplenya datar ya…”. Saya pikir itu masalah kecil. Namun, ternyata pas diwaktu berikutnya saya menyusui, saya melihat Kinanti cukup sulit untuk pelekatan. Sampai akhirnya tiap mau menyusui selalu ada suster yang nemenin saya. Kemudian, di hari kedua, payudara saya berasa bengkak dan sakit sekali, ternyata saya baru tahu kalau ASI saya mulai berproduksi tapi gak dikeluarkan. Baru deh disitu saya terbuka matanya, seandainya saya sebelum melahirkan ikutan kelas laktaksi. Penting banget!



  Ada yang bilang, anak perempuan itu biasanya santai untuk urusan menyusui. Ternyata gak berlaku tuh buat Kinanti, dia kuat banget nyusu-nya. Nah, selain urusan nipple datar, produksi ASI pun susah untuk keluar. Segala macem jenis brand pompa ASI udah saya coba, tapi gak ada yang berhasil. Sampai akhirnya saya diajari salah satu bidan di RSIA Asih untuk menggunakan teknik perah dengan tangan saya sendiri. Bahagia banget rasanya bisa ngeliat ASI bisa keluar dan ditampung.

  Semua drama menyusui ini memang jadi journey yang rollercoaster banget. Beruntungnya saya punya suami, Grandy yang sangat support banget setiap saya lagi drama. Bahkan, Grandy juga banyak sharing ke saya tentang pengetahuan seputar ASI yang rajin dia browsing-browsing.  Selain itu adanya dukungan juga dari orangtua dan juga teman-teman terdekat yang akhirnya menguatkan saya. Tapi yah…yang namanya ibu baru, selalu ada orang-orang yang judgmental banget terhadap kita. “Kok anaknya udah dikasih botol?”, “Kok nangis mulu sih anaknya! Susunya gak bagus ya?”. Rasanya pengen dipites banget ya orang-orang itu hahaha.. (coba yang pernah diginiin angkat tangannya!!hahaha)



  Cerita drama menyusui dengan ASI ini memang gak cuma dialamin saya. Bahkan menurut Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2017 mencatat ASI eksklusif di Indonesia hanya sekitar 35 persen, di bawah rekomendasi WHO sebesar 50 persen. Di tengah tantangan menyusui, menurut Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia merekomendasikan dukungan kuat dari orang sekitar (support system) bagi ibu menyusui sebagai hal yang penting dalam suksesnya ASI eksklusif.



  Dalam pekan ASI sedunia yang diadakan dari tanggal 1-8 Agustus, saya sempat menghadiri event Anmum #MumToMum . Pada moment ini, Anmum meluncurkan digital platform Anmum Mum To Mum. Disini, bisa menjadi sarana buat ibu-ibu saling berbagi pengalaman, bertanya,berdiskusi berbagai topik. Mulai dari topik kehamilan sampai melahirkan. Seperti yang saya ceritakan sebelumnya, mempunyai teman berbagi disaat menyusui itu bisa mengurangi drama emosional lho (ya ga?)



  Kalau menurut, Ines Yumahana Gulardi, MSc., Senior Nutrition Manager, PT Fonterra Brands Indonesia, “Ibu membutuhkan dukungan emosional dan psikologis selama masa kehamilan karena mereka perlu menyediakan nutrisi terbaik bagi bayi mereka di setiap tahap kehidupan. Oleh karena itu, informasi yang diterima para ibu saat masa perencanaan kehamilan, kehamilan, dan menyusui memiliki peran penting dalam menentukan perkembangan bayi keseluruhan sejak berada dalam kandungan hingga pertumbuhan masa kanak-kanak, yang di kemudian hari dapat mempengaruhi kesehatan mereka saat mencapai dewasa.”

Pijat Oksitosin, jadi salah satu cara untuk memperlancar ASI

  Selain dihadiri baik oleh Rohini Behl, Technical Marketing Advisor, PT Fonterra Brands Indonesia, dan DR. Dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K), dokter spesialis anak konsultan di RSAB Harapan Kita, di event ini saya juga bertemu dengan Rinni Wulandari. Terakhir bertemu dengannya, saat kita berdua masih belum menikah, sama-sama belum punya anak, dan masih ngobrolin soal music pastinya hihi. Nah, ketika Rinni, bercerita tentang journey menyusui Nord, dalam hati saya berkata “Kok sama banget sih cerita kita!”. Sama-sama perah pake tangan, sama-sama drama soal berat badan anak dan lainnya. Alhasil begitu ketemu saya langsung menyapa “Rinniiiii!! Kok kita sama sihhhhhhhhhh!”


Diambil dari camera HP dan blur hahaha

  Ya, saya sendiri sampai saat ini masih berjuang dalam proses menyusui. Tapi, sudah tidak se-stress waktu bulan-bulan awal. Karena tiap hari adalah proses pembelajaran buat saya sebagai ibu baru. Kalau mulai spaneng, tinggal ajak ngobrol Grandy, ktawa-ktawa bareng sama Kinanti, sharing sama teman-teman terdekat saya dan makan tentunya.

Bareng Cacadong, salah satu sahabat saya yang juga jadi support system

 Selamat pekan ASI untuk ibu-ibu sekalian. Tetap semangat berjuang. Silahkan klik ke www.anmum.co.id atau Facebook Anmum Indonesia, untuk bergabung dengan ibu-ibu lainnya di platform digital Anmum #MumToMum . Jangan pendam sendiri pertanyaan-pertanyaan yang bikin kamu bingung sendirian, ada banyak ibu-ibu di luar sana yang punya cerita sama kaya kamu. Yuk sharing dan saling mendukung!





You Might Also Like

3 comments:

  1. Segala yang kami lakukan [Kami melakukannya dengan sempurna]
    Kami menawarkan berbagai layanan keuangan Vis-a-vis: Perencanaan Bisnis, Komersial dan Pengembangan Keuangan, Properti dan Hipotek, Pinjaman Konsolidasi Utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Swasta, Pinjaman Refinancing Rumah dengan suku bunga rendah untuk perorangan, perusahaan dan badan hukum dll .......

    Quick Contact

    What'sApp:[+44]7480 729811
    ☎.............:[+44]7480 729811
    e_mail..[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]


    Signed:
    Management.
    Best Regards.
    Status:ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
    © Copyright The Iskandar Lenders Group 2019

    ReplyDelete
  2. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    ReplyDelete
  3. Harrah's Resort Atlantic City Tickets - JMH Hub
    This 오산 출장마사지 year's event runs from 목포 출장마사지 September 15th 고양 출장안마 through September 19th. Harrah's 안양 출장샵 Resort Atlantic 광주 출장마사지 City: A ticket from the event's top brass.

    ReplyDelete